Berita Rotan dan Produk Rotan, Mebel dan Kerajinan Indonesia

Produk Bahan Alam Diminati Domestik

Senin, 21 Juni 2010 | 18:52 WIB

SEMARANG, KOMPAS - Pasar domestik semakin berminat terhadap produk-produk kerajinan dalam negeri, terutama dari bahan alam. Hal itu memperkuat eksistensi produk kerajinan lokal dalam bersaing dengan serbuan produk-produk dari China.

Salah satu pengusaha produk kerajinan tangan (handicraft), Wenny Sulistiowaty Hartono, Jumat (18/6) di Semarang, mengungkapkan, prospek pasar kerajinan di dalam negeri sangat besar. Saat ini semakin banyak orang yang menyukai produk-produk yang berasal dari alam.

Wenny memproduksi tas-tas yang dibuat dari bahan-bahan alami, seperti enceng gondok, rotan, mendong, dan daun agel (sejenis palma). Sebelumnya, ia hanya menyasar pasar ekspor karena banyak orang luar negeri yang berminat.

Ia kemudian mencoba menyasar pasar domestik, ternyata sambutannya sangat bagus, walaupun selera beda. "Pasar lokal lebih menyukai produk-produk yang fashionable. Jadi, saya harus banyak bermain dengan model dan pewarnaan," kata Wenny yang baru membuka galery di Kawasan Industri Candi, Semarang.

Saat ini, kata Wenny, tren kembali ke alam tidak hanya berlangsung di luar negeri. Tren itu juga melanda konsumen Indonesia. Bahan-bahan alam yang dibuat produk kerajinan memiliki nilai lebih ketimbang produk massal.

Karena itu, perajin harus kreatif dalam berinovasi dan terus memerhatikan selera pasar. Hanya dengan cara itu, perajin dapat terus bertahan.

Ketua Asosiasi Eksportir & Produsen Handicraft Indonesia (Asephi) Kota Semarang M Verga mengatakan hal serupa. Di saat produk China membanjiri pasar, handicraft tetap memiliki segmen pasar.

"Handicraft merupakan kelebihan dari produk Indonesia. China memang bisa menjual lebih murah karena produk mereka dibuat secara massal. Tetapi produk kita lebih eksklusif," katanya.

Pasar ekspor yang saat ini masih meminati produk kerajinan adalah negara-negara di Eropa dan Jepang. Sedangkan permintaan dari pasar Amerika menurun setelah krisis global. (UTI)

Additional information